Follow me @aprianavina

Kamis, 26 Januari 2012

Teh manis vs teh tawar, dan analoginya

Januari 26, 2012 0 Comments
"Sebelum pernah merasakan teh manis, mungkin kita tidak tahu bahwa teh tawar yang selalu kita minum itu tawar."
Kenyamanan kadang bersifat salah, ketika diperoleh pada yang belum saatnya atau pada suatu cara yang belum semestinya.

Nyaman tetap akan terasa nyaman, namun salah tetap saja salah. Kenyamanan yang mungkin terlanjur terasa itu yang sering membuat kita bertahan berjuang menepis rasa sadar akan suatu kesalahan.

Hati2 menambahkan gula ketika yang memang untukmu saat ini haruslah teh tawar, belum saatnya manis.
Karena memang bergula lebih nyaman daripada tidak,
sehingga siapkah kita untuk tetap tidak 
saat kita telah tahu bahwa tawar memang hanya tawar dan bergula itu memang manis ?

-vn-



Minggu, 08 Januari 2012

Menjadi dewasa itu (bukan) suatu pilihan

Januari 08, 2012 7 Comments
Gw sering mendapati tulisan

MENJADI TUA ITU PASTI, MENJADI DEWASA ITU PILIHAN

sekilas bener banget sih, tapi untuk saat ini kynya ga tepat.. karna yang gw dapati adalah DEWASA ITU MEMANG PILIHAN, TAPI PILIHAN YANG TAK TERELAKKAN...

Lulus sarjana memang suatu fase hidup yang kadang merubah orang sangat drastis. Sebagian dari mereka menjelma menjadi orang yang dewasa dengan segala program hidup baru mereka yang lebih serius seperti pengaturan jadwal tidur dan bangun tiap harnya (mungkin ini biasa, tapi lain cerita ketika temen gw yang cowo yang asli jago begadang n ga pernah tidur malem n ga pernah bangun pagi).. Serius bekerja, dan shalat ga perah dibolongin, ngerencanain prnikahan dg pacar, dll...

Namun sebagian lagi orang ga. Butuh waktu yang lama untuk mereka dewasa..

Sedangkan gw? Gw ga masuk dalam keduanya.
Bukan karna proses pendewasaan gw yg lama, tapi emang gw blom mau dewasa... Menurut gw, itu adalah pilihan gw. Alasannya,, blom mau serius... Masih ingin seneng2.. Masih belum pengen terikat dengan label 'dewasa' dan segala macam konsensus yang membatasinya...
Caranya? Dengan memang menujukkan ketidakdewasaan gw.. Masih suka ngambekan ke mamah papah, berebut sm ade, alay2an bareng temen, jd super cerewet n narsis, banyak deh..

sampai akhirnya gw sadar,,, bahwa gw memang sudah harus dewasa...
harus mulai memikirkan untuk tidak hanya menikmati karya orang, tetapi juga berkarya,,
tidak hanya menuntut kasih sayang sekitar, akan tetapi juga memberinya..
tidak hanya disapa, tetapi menyapa..
tidak haya dipersiapkan, tapi juga mempersiapkan..
tidak hanya dijaga, tetapi juga menjaga..
tidak hanya dirapikan, tetapi juga merapikan..
tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk sekitar...

seiring waktu gw liat temen2 sekitar gw seolah lg berlari megejar kedewasaan itu.. lalu mengapa gw masih diam di tempat?
sampai akhirnya gw sadar bahwa semua kesengajaan untuk belum menjadi dewasa itu hanya lahir dari ketakutan2 yang tidak beralasan..

takut terkesan serius
takut terkesan tua
takut ga bisa dimaklumi lagi untuk kembali lagi menjadi kekanak2an..

namun ditakutin ato ga, dicegah ato ga, emang dunia sekitar udah pelit maklum pada alumni2 kuliah seperti gw ini..
kali ini mereka memang betul2 melihat pembawaan gw terhadap mereka...
mulai saat ini mereka menilai kita bukan lagi dari latar belakan siapa keuarga, sekolah atau apa lah.. tapi murni dari diri kita sendiri membawa diri di lingkungan kita..
pencitraan diri menjadi sangat ketat, sehingga dewasa menjadi sesuatu yag mutlak..

dewasa memang suatu pilihan,, tapi pilihan yang tak terelakkan
bahkan bukan pilihan lagi namanya


dan gw akan memulainya... dengan mengikhlaskan kekanak2an itu pergi perlahan..karna hampir smua d sekitar bahkan di dalam diri kita akan berubah.. termasuk parameter kebahagiaan dan kesenanngan seiring melajunya fase hidup..

akan datang suatu masa dimana seharian mendekor ulang rumah akan lebih menyenangkan dibanding hunting kuliner bersama temen2..
akan datang masa dimana tidur cukup lebih bermakna dibandingkan menonton film box office tengah malam,,
akan datang dimana berkumpul dengan keluarga akan lebih dipilih dibandingkan kumpul bercanda dengan temen2..

dan gw akan mencoba menyambutnya, ketika datang. Kedewasaan. Keseriusan.






Sabtu, 07 Januari 2012

AKU SAYA dan GW

Januari 07, 2012 1 Comments
Hingga harus memunculkan sebutan diri untuk diri sendiri di muka publik seperti dalam blog ini, pertanyaan itu masih di tempatnya..
pertanyaannya adalah haruskah dengan SAYA, AKU, ATAU GW??

Kesemuanya memiliki tempatnya tersendiri..
hingga lulus SMA berada di cilegon-serang mengharuskan tutur ini menyebut GW,
3 tahun di makassar untuk studi D3 membiasakan diri dengan SAYA,
lalu hampir 2 tahun di malang dengan AKU,
di rumah, sedikit lucu.. dari kecil hingga skolah dengan VINA, namun entah mengapa berubah menjadi AKU..

lalu untuk perwakilan diri menghadapi publik lewat tulisan santai seperti ini harus dengan apa??

sebagian teman di tanah Jawa menganggap kata SAYA melahirkan jarak antar pembicara.. terlalu asing, jauh dan formal..
sebagian teman (kali ini dimana2) menganggap kata AKU melambangkan kesan terlalu self-centered, manja, kadang lebay, dan iiiiii....
hampir sluruh teman di Makassar dan sbgian Jawa (terutama Tengah ke Timur) mencibi ketika GW mulai terlontar dalam percakapan...

sempat ada celetukan yang cukup menohok tapi lucu dengan berkata "Monas pindah.. Monas pindah" hanya karena bahsa GW-ELU keluar begitu lancarnya..

lantas apa yang bisa merepresentasikan kondisi dan kenyamanan diri dengan tetap bisa diterima oleh smua kalangan?

Indonesia terlalu kaya dan kreatif dalam berbahasa...
Beda dengan bahasa Inggris yang memang hanya ada I untuk penunjukan diri..

Setelah dipikir2,,
Untuk blog ini, berdasarkan konten yang akan dikemasnya ke depan, maka sepertinya memang ketiganya harus disertakan agar  tulisan dpt lebih tersampaikan makna dan rasanya..

Bukan berniat inkonsisten atau plin-plan, tetapi memang ketiganya berbeda nilainya..
Flexible adalah kata yang tepat untuk sang bahasa..









Rabu, 04 Januari 2012

BISA

Januari 04, 2012 1 Comments


mari kita mulai  dengan kata2 ampuh yang mampu memboost-up semangat..
emmm.. gmn kalo ini aja deh..


MENGAPA KITA HARUS TAKUT UNTUK TIDAK BISA SEDANGKAN ALLAH MASIH ADA..?


-vn-

Please welcome..

Januari 04, 2012 0 Comments


Welcome to my 2nd blog...
I hv ever had a blog before, seems like it doesnt work out..
Hopefully theres a valuable n priceless thing u get by this site..
Last but not least in dis 1st entry,,

I just wanna say.... Its a pleassure welcomin u guys..

Enjoy it..



-vn-